Tokek Bisa Sembuhkan AIDS?

MAKASSAR, KOMPAS.com – Perburuan tokek kini tengah marak di Makassar Sulawesi Selatan. Hewan melata ini banyak dicari dan diperjualbelikan seharga antara Rp2,5-5 juta/ekor dengan berat tiga ons karena binatang dijadikan ramuan obat yang bisa menyembuhkan penyakit AIDS.

Padahal, kata Kepala Biro Bina Napza dan HIV/AIDS Sulawesi Selatan, Dr dr Djoko Dwi Purnomo di Makassar, Selasa, sampai sekarang ini belum ada hasil penelitian yang dilakukan para ahli pembuat obat di Singapura yang menyatakan tokek bisa menyembuhkan penyakit AIDS.

Sejak adanya penanyangan di layar televisi swasta bahwa tokek merupakan salah satu binatang yang sangat mu’jizat untuk penyembuhan penyakit aids, banyak warga di daerah ini berlomba-lomba menangkapnya karena tergiur dengan harga yang ditawarkan pembeli yang kebanyakan warga keturunan yang tinggal di jalan Veteran Selatan, Makassar.

“Saya kaget kok warga spontan menanggapi hal ini untuk menjadikan binatang tersebut sebagai mata pencaharian yang menjanjikan keuntungan yang besar, sementara penemu obat Aids dari bahan baku tokek itu sendiri masih dipertanyakan apa iya atau hanya sekedar isu,” ujar Djoko.

Sebab, jika tokek benar-benar akan dijadikan obat penyembuh yang mujarab bagi penderita penyakit yang mematikan jiwa manusia ini, tentu akan dipublikasikan secara luas bagi penemunya ke dunia internasional.

“Nama penemu obat yang memanfaatkan tokek sebagai obat yang bisa menyembuhkan penyakit AIDS tersebut hingga saat ini masih ’kabur’ dan belum jelas sehingga harus diwaspadai jangan sampai warga akhirnya dirugikan sebab mata pencaharian utamanya ditinggalkan,” tambahnya.

Tetapi, lanjutnya, jika benar bahwa penemu obat di Singapura yang menyatakan tokek mampu menyembuhkan penyakit AIDS yang dibuktikan lewat penelitiannya serta diakui dunia, maka harus diacungi jempol karena selama ini para ahli obat di Amerika dan Australia belum mampu menghasilkan obat untuk penyakit ini.

“Mudah-mudahan penemu obat ini betul adanya sehingga masyarakat luas bisa lega karena sudah ditemukan obat penyembuh penyakit aids,” harapnya seraya menyatakan, sejak kasus aids mencuat hingga sekarang belum ada obat penawarnya sehingga bersyukurlah masyarakat dunia jika tokek yang diburu warga Makassar akan dijadikan bahan baku obat tersebut.

Sangnging, ibu rumah tangga tinggal di jalan Singa, Makassar, mengakui sudah pernah didatangi salah seorang pembeli jika dirinya memiliki binatang merayap di rumahnya dengan harga Rp2,5 juta untuk berat tiga ons.

“Saya bilang pada pembeli bahwa di rumah ada tokek tetapi yang tangkap bapak yang mau beli,” katanya saat dikonfirmasi bahwa dirinya pernah didatangi salah seorang calon pembeli namun setelah melihat binatang merayap itu di tembok dan memperkirakan beratnya tidak sampai tiga ons langsung pembeli mengurungkan niatnya.

Sementara itu, Daeng Tata, warga jalan Andi Tonro mengungkapkan bahwa pembeli maunya tokek yang akan dibelinya tidak cacat seperti ekor hilang atau kulitnya terkelupas tetapi harus utuh.

“Kalau pun utuh tapi beratnya tidak sampai tiga ons tidak akan dibeli jadi sia-sia saja kita menangkap tokek yang kebetulan keluar dari persembunyiannya dari atas plavon ke tempok kemudian berhasil ditangkap dengan susah payah itu,” ujarnya dengan rasa kecewa saat memperlihatkan hasil buruannya yang tampak cacat dan tidak memenuhi berat yang diinginkan si pembeli.

Sumber : Ant

3 Responses

  1. oh iya saya sekarang juga lagi pelihara tokek di rumah ada sekitar 17 ekor …. itu saya dapat dari teman2 saya yang menangkapnya di sekitar rumah mereka ….. dan kebetulan kakak saya juga berbisnis yang sama dan saya sering jadi informan buat dia …. walau saya belum pernah menjualnya tapi saya sangat senang bisa memelihara tokek ini karna menimbulkan rasa senang dan saya sagat sungguh2 ingin memeliharanya biasanya tiap hari untuk keseluruhan tokek2 yang saya pelihara saya beli jangkrik setiap harinya sekitar Rp 5000 rupiah ……. gitu ceritanya …..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: