Hari Valentine (Valentine’s Day)


Setiap tanggal empat belas febuari, hampir semua orang di berbagai belahan negara di dunia merayakan Hari Valentine. Momen seperti ini banyak dimanfaatkan oleh sebagian besar pasangan yang menjalin kasih untuk saling memberikan permen, bunga dan hadiah kepada pasangannya ataupun orang yang mereka kasihi. Oleh karena itu Hari Valentine disebut juga dengan Hari Kasih Sayang. Akan tetapi tahukah kita darimana sesungguhnya Hari Valentine itu berasal? dan mengapa semua orang merayakannya?

Menurut legenda, nama Valentine itu sendiri adalah nama seorang pastur yang hidup pada abad ketiga di Roma. Pastur itu bernama Santo Valentine. Ketika kaisar Claudius II ingin membentuk prajurit Roma yang kuat, Ia memutuskan bahwa seorang prajurit hendaklah tidak menikah atau hidup selibat. Karena prajurit yang tidak menikah lebih mudah dibentuk menjadi prajurit yang kuat daripada prajurit yang sudah mempunyai istri dan berkeluarga. Adalah Valentine yang menyadari ketidakadilan ini. Ia melawan Claudius dengan memberikan pemberkatan penikahan secara rahasia kepada banyak pasangan muda. Ketika perbuatannya diketahui oleh Claudius, maka Claudius memerintahkan agar Valentine dihukum mati.

Cerita lainnya mengatakan bahwa Valentine dibunuh karena membantu orang-orang Kristen yang dihukum dan disiksa dari penjara Roma. Menurut satu legenda, Valentine menyebutkan namanya sendiri sebagai ucapan “selamat Valentine”. Ketika dalam penjara, ada yang mempercayai bahwa Valentine jatuh cinta pada seorang gadis. Sebelum kematiannya, Ia memberikan kepada gadis itu secarik surat yang ditandatangani olehnya dengan menuliskan “Dari Valentine-mu”, yang merupakan sebuah ekspresi yang banyak digunakan saat ini. Walaupun cerita dibalik Valentine masih simpang siur, akan tetapi sifat simpatik, semangat kepahlawanan, dan figure romatiknya menjadikan Ia sebagai salah satu Santo yang amat populer di Inggris dan Perancis. Hingga saat ini karismanya dikenal di seluruh dunia. “HAPPY  VALENTINE’S DAY !”

 

 

dunaibelajar.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: