Kamera Hubble Temukan Galaksi Tertua

Liputan6.com, Washington: Hubble, teleskop luar angkasa yang telah diperbaharui, menemukan galaksi tertua yang belum pernah dilihat sebelumnya, kata para ilmuan, seperti dilansir AP, selasa (8/12).

Gambar itu diambil di wilayah ruang angkasa yang diamati pada tahun 2004. Hubble menangkap ribuan galaksi yang belum pernah terlihat sebelumnya. Galaksi tersebut terbentuk 600 juta tahun setelah Big Bang. Para ilmuan yakin, ledakkan besar ini mengarah pada penciptaan alam semesta.

Sebuah kamera “wide field” baru di pasang pada Hubble musim panas ini. Hubble juga memiliki saluran infra merah jarak dekat yang memungkinkan orbit teleskop melihat ke alam semesta lebih tajam dan galaksi dengan jarak yang jauh.

Hubble adalah sebuah kolaborasi antara NASA dan agensi ruang angkasa Eropa. Kamera ini telah dipasang pada bulan Mei oleh astronot NASA sebagai bagian dari misi untuk meng-upgrade dan memperbaiki teleskop yang sudah tua. Galaksi ini berjarak 13 miliar tahun cahaya. Tiap satu tahun cahaya setara dengan sekitar 6 triliun mil.(AST/AYB)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: