Pembagian grup AFF Suzuki Cup 2010 telah dilangsungkan Rabu sore (15 September 2010) di Sheraton Hotel, Hanoi, Vietnam. Timnas Indonesia bergabung di grup A bersama Thailand, Malaysia dan tim pemenang dari babak kualifikasi yang dilangsungkan pertengahan Oktober di Laos, yang terdiri dari tuan rumah Laos, Kamboja, Timor Leste dan Filipina. Grup B terdiri atas Vietnam, Singapura, Myanmar dan runner-up dari babak kualifikasi di Laos.

Pertandingan penyisihan grup A dari AFF Championship nini akan dilaksanakan pada tanggal 1, 4 dan 7 Desember di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan. Sermentara, penyisihan grup B digelar 2, 5, dan 8 Desember di Hanoi, Vietnam. Dua tim peringkat teratas dari kedua grup bertarung di babak semifinal yang dilangsungkan secara kandang dan kandang (home & away), sepekan setelah penyisihan grup. Babak final sendiri juga dilangsungkan dengan format kandang-tandang.

Peluang Indonesia untuk lolos ke semifinal terbilang berat. Tim Garuda harus menghadapi Thailand yang dalam beberapa tahun terakhir sangat sulit dikalahkan timnas Indonesia, ditambah melawan Malaysia yang sedang menanjak grafik prestasi timnas sepakbola mereka setelah menjuarai Sea Games 2009 di Laos dengan mengalahkan Vietnam 1-0. Peluang Indonesia semakin berat apabila harus berada satu grup dengan Laos yang menyingkirkan Indonesia juga di ajang Sea Games 2009.

Meski demikian, Indonesia masih sangat berpeluang lolos ke semifinal mengingat babak penyisihan grup akan dilangsungkan di Indonesia. Sebagai tuan rumah tentu para pemain Indonesia akan bermain lebih semangat dan tidak ingin dipermalukan di depan publiknya sendiri. Semoga saja permainan penuh semangat seperti yang diperlihatkan ketika menjadi tuan rumah Piala Asia 2007 akan muncul kembali.

K. Rajagobal, pelatih kepala Malaysia
“Kami menghormati semua tim, tetapi seperti pengetahuan umum, hal-hal yang tidak mudah di sepak bola di mana terdapat banyak faktor yang harus kita perhatikan. Kami mengambil setiap pertandingan dan tidak takut dengan tim manapun. ” (aseanfootball.org)

Wolfgang Pikal, asisten pelatih Indonesia
“Di atas kertas, Grup B adalah sedikit lebih mudah yang membuat posisi kami di Grup A menjadi jauh lebih sulit,” (aseanfootball.org)

Pembagian Grup Penyisihan Piala AFF 2010

GRUP A

Indonesia
Thailand
Malaysia
(pemenang kualifikasi)

GRUP B

Vietnam
Singapura
Myanmar
(pemenang kualifikasi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: